Taman Iram

Judul Buku : Taman Iram 
Penulis : Qolan
ISBN : 9786029789515 
Spesifikasi : 14x20cm 
Tahun Terbit : November 2011 
Penerbit : DIVA 

Ini dia sebuah roman apik yang mengangkat tema kebajikan, religiositas, 
dan cinta kasih!

***
Nun di masa kolonial Belanda, seorang pemuda desa bernama Selamet merantau ke Batavia untuk mencari pekerjaan. Dalam perantauannya dia bertemu dengan beberapa orang yang meninggalkan kesan mendalam baginya. Orang-orang itu adalah Rakiman, Anisah, Ahmad, dan Qodri.

Rakiman adalah seseorang yang ikhlas membantunya, meski sebelumnya mereka tak saling mengenal. Selamet sangat terkesan dengan sikap Rakiman yang memikirkan dan mementingkan orang lain, membuatnya terbawa bersikap seperti itu kepada orang lain. 

Selanjutnya, saat Selamet bekerja sebagai kuli angkut di pelabuhan Sunda Kelapa, ia bertemu dengan dua orang imigran bersaudara, Anisah dan Ahmad, asal Yaman yang datang ke Jawa untuk melaksanakan wasiat bapak mereka. Di mana wasiatnya adalah agar mereka pergi ke Jawa dan mencari orang bernama Jalaluddin, untuk kemudian menikahkan Anisah dengannya.
Mereka berdua di negeri asing, ibarat orang buta yang tidak bisa mengenali jalanan. Karena itu, Selamet memutuskan untuk membantu mereka menemukan Jalaluddin. Beruntung, ternyata Anisah dan Ahmad memiliki sepupu di Batavia yang bernama Qodri.

Lantas, bertemukah mereka dengan sosok yang dicarinya? Benarkah pencarian mereka akan terhalang oleh seorang ahli diplomasi Belanda, Jaques Van Der Meide? Dan, benarkah bahwa orang yang dimaksud ada hubungannya dengan Rakiman?

“Tidak…tidak, kalian memang bisa berjalan sendiri ke sana. Tetapi, kalian memerlukan tongkat sebagai penunjuknya. Dan, biarkan aku menjadi tongkat tersebut untuk Anda.”

Dia yang Membawa Cintanya ke Batavia…