Giri

Judul Buku : Giri 
Penulis : Yudhi AW 
ISBN : 9786029788822 
Tahun Terbit : Oktober 2011 
Penerbit : DIVA 

Siapakah wali hebat nan agung di tanah Jawa ini yang namanya kalah popular dengan Sunan Kalijaga? Sosok yang memiliki garis keturunan raja besar Kerajaan Mapajahit, yakni Hayam Wuruk, dan memiliki hubungan darah dengan ulama-ulama hebat sekelas Syekh Maulana Ishaq dan Sunan Ampel? 

Sosok yang pernah diamanahi Pangeran Kerthabumi atau Brawijaya V menggantikan sementara kedudukannya saat Majapahit dijatuhkan oleh Girindra Wardhana? Sosok yang juga pernah diangkat sebagai penghulu para wali dan ulama Jawa, sebagai mufti Kesultanan Demak Bintara?

Dialah Jaka Samudra yang kelak dikenal dengan panggilan Raden Paku atau lebih akrab lagi dengan nama Sunan Giri, sang penguasa Giri Kedaton!

Lantas, siapakah orang yang pertama-tama memberi nama atau gelar-gelar tersebut? Lalu, bagaimana pula kisah perjalanan hidupnya yang demikian penuh warna itu? Apa yang membedakan cara dakwah beliau dengan wali-wali penuh teladan lainnya?

Dengan gaya tuturan yang jernih dan alur yang memikat, novel semi-biografis sang wali agung itu dikupas untuk Anda. Sebuah novel yang kaya akan nilai-nilai spiritual dan petuah-petuah kebajikan.
Selamat membaca!

Bukan semata status kaya yang membuat Jaka Samudra terhormat di mata keluarga Sunan Ampel, tapi juga budi pekerti dan perangainya yang santun seperti keturunan bangsawan saja.