Tahun Tahun yang Hilang

Tahun Tahun yang Hilang 
Penulis : Rully Ferdiansyah 
ISBN : 978609782745 
Spesifikasi : 14x20cm 
Tahun Terbit : Mei 2012 
Penerbit : DIVA 

Di luar kampung halamannya, nama-nama mereka demikian harum dan melegenda…

***
Novel ini, dengan sangat memukau, terinspirasi dari sejarah tokoh ulama pejuang, Syekh Yusuf al-Makassari al-Bantani akan kisah kepahlawanannya dalam menentang penjajah dan semangatnya untuk kemanusiaan di Afrika. Karena besarnya jasa Syekh Yusuf terhadap perjuangan orang Afrika Selatan dalam menghapus apartheid, beliau diangkat menjadi pahlawan nasional di Afrika Selatan, begitu pula di Indonesia, tapi sayangnya banyak orang di negeri ini, terutama di Banten, belum mengetahui siapa sosok tersebut.

Dan, salah satu tokoh hebat yang juga terpengaruh dan bahkan menjadi berpengaruh adalah Syekh Muhammad Ayub al-Cikulur, mufti Kasultanan Bontam, kawan seperjuangan dari Syekh Yusuf sendiri. Seorang tokoh yang di masa-masa pergolakannya melawan Belanda, sempat diasingkan ke Sailan (Srilangka) dan hingga puncaknya diasingkan ke pelosok hutan Afrika!

Nah, bagaimanakah kisah detail perjuangan tokoh yang dipanggil “Abah Ayub” ini, simak kisah heroiknya dalam buku ini. Sebuah novel memikat yang bakal menjebak Anda dengan sebuah pertanyaan besar: siapakah dia sebenarnya? Kenapa perjalanan hidup yang dialaminya mirip dengan Syekh Yusuf? 

Berdiri Tegar di Bawah Bayang-Bayang Syekh Yusuf

“Perangilah orang kulit putih dengan keteladanan dan kebaikan. Janganlah memerangi mereka dengan kekerasan, karena kita takkan bisa mengalahkan mereka. Mereka hanya bisa dikalahkan dengan kemurahan hati dan kebaikan,” ucap Abah Ayub.