"Outbound", Asyiknya......

Setelah berkutat dengan rutinitas yang sedikit membosankan, Akhirnya.... Outbound juga....bersama rekan guru dan karyawan SDIBB. Kami berangkat dengan dua bis dari Samarinda Pukul  dan tiba di pantai Manggar balikapapan jam 10.00. isi perut dan istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan games-games yang disuguhkan oleh Trusco Samarinda.

Konsep Outbound dikemas dengan suasana santai dan menyenangkan disertai permainan tantangan dan games–games yang menarik.  Acara tetap berlangsung walau Pantai Manggar diguyur Hujan Deras dan Ombak pantai yang sedikit kencang.

Peserta melakukan kompetisi berkelompok dengan tantangan–tantangan yang diberikan oleh pak Ali. Ada 4 kelompok bermain, yaitu kelompok Matahari, yang diketua oleh Bapak Rusi Zulistiawan,  Ganteng-Ganteng Srigala yang diketuai oleh Bapak Arifin Nurdin, Bang Thoyib yang diketuai oleh Ibu Salmia dan Ombak diketuai saya sendiri. Dari seluruh tantangan yang diberikan kepa semua kelompok ada beberapa tantangan yang diberi penilaian diantaranya : yel-yel kelompok, kekompakan, sportifitas dan semangat. dan akhirnya kelompok kami  "OMBAK" keluar sebagai pemenang dengan jumlah point 340, disusul Kelompok Bang Thoyib, GGS dan Matahari. Pada akhir game, seluruh peserta diberikan kupon undian dengan hadiah kipas angin, magiccom, setrika dan payung. Setelah bermain tantangan acara dilanjutkan dengan bermain banana boot, bola pantai, bakar ikan dan jagung, terakhir makan bersama.

Yang tak bisa aku lupakan saat naik banana boot, dikelompok kami yang pertama, Mbak Selly dan Ilyana, sangking takutnya merekapun berteriak "Om jangan laju-laju, om saya punya anak kecil, om pinggirkan aja...", pada driver speed yang menarik banana kami. Sedangkan dikelompok kedua teriakan mereka yang menggelikan "Om kiri om, Om pinngir om, Om", emangnya angkot..... pake disuruh setop segala, yah.... itulah kami, berbaur menjadi satu melupakan rutinitas kantor.

Terima kasih buat Trustco Samarinda yang sudah menfasilitasi kami mengikuti kegiatan yang sangat menyenangkan ini, juga terima kasih buat yayasan Yang sudah memberikan Door Prize yang menambah seru kegiatan ini.

Tujuan dari kegiatan ini secara umum peserta diharapkan memiliki perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan diantaranya  :
  1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan Personal Block dalam lingkungan kerja.
  2. Meningkatkan sikap sportif kelompok dan individu
  3. Mengenal dan memahami prinsip–prinsip dalam membangun kerja sama tim.
  4. Mampu berkomunikasi secara baik dan benar dengan pihak lain.
  5. Mampu berempati kepada atasan, bawahan, maupun sesama rekan kerja.
  6. Memiliki sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah.
  7. Meningkatkan kemampuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian sember daya minimal di dalam kelompok, dan lebih luas lagi bersama kelompok lainnya.
  8. Memiliki sikap besar hati menerima masukan dan kritik dari rekan–rekan sejawat atau pun atasan atas kekurangan dan kelemahan, serta memotivasi diri untuk melakukan perbaikan–perbaikan.
  9. Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan secara efektif 
  10. Memiliki sikap loyalitas tinggi pada kelompok dan komitmen tim yang telah ditetapkan bersama demi keberhasilan dan kesuksesan bersama.
  11. Mampu mengaplikasikan dan menerapkan konsep kerjasama, tidak pada kelompok yang telah dibentuk, tetapi juga kepada kelompok lain.