QR Code pada NUPTK.Apakah itu, bagaimana cara penggunaanya

Apa itu QR Code?

QR Code awalnya diciptakan oleh Denso Wave, anak perusahaan Toyota, pada tahun 1994 untuk melacak komponen otomotif pada kecepatan tinggi. Kode ini dirancang untuk dapat dibaca oleh kamera dibandingkan laser yang jauh jauh lebih ketat yang biasanya digunakan untuk UPC bar codes yang tradisional. Pada desain QR Code ini, para desainer dari kode menambahkan empat kotak besar sebagai standar ke semua kode QR yang saat ini telah tersebar di seluruh dunia. Tiga dari kotak yang memiliki ukuran besar, membantu kamera menentukan posisi dari kode QR, sedangkan kotak keempat yang memiliki ukuran kecil, akan digunakan untuk menormalkan ukuran gambar, sudut pandang, dan orientasi. Inovasi ini memungkinkan komponen mobil akan dipindai pada kecepatan yang jauh lebih cepat dari sebelumnya.
QR code bekerja dengan cara yang mirip dengan barcode UPC dalam data yang diselenggarakan dalam bentuk pola yang dapat diterjemahkan. Data ini bisa berisi apa saja, seperti sebuah URL untuk sebuah situs web ke informasi kontak, data geolokasi untuk digunakan pada peta. Apa saja yang bisa ditulis di bawah 4.000 karakter atau lebih (tergantung pada jenis data).
Berikut adalah aplikasi QR Code reader yang telah di kumpulkan khusus untuk anda dan untuk masing-masing sistem operasi smartphone.
  • Android – Google Googles – Klik di sini
  • BlackBerry – Free QR Code Scanner Pro – Klik di sini
  • iOS (iPhone/iPad/iPod Touch) – Google Googles – Klik di sini
  • Windows Phone – QR Code Reader – Klik di sini
  • MeeGo – MeeScan – Klik di sini
Sekali lagi, setelah Anda memiliki aplikasi, cukup jalankan aplikasi pada ponsel anda dan aplikasi ini semestinya memiliki opsi pemindaian yang akan terlihat seperti Anda melihat melalui kamera perangkat Anda. Cukup arahkan kamera anda pada QR Code, hingga muncul warna hijau atau kuning dibarengi suara shutter, secara otomatis, kamera pada ponsel anda menangkap gambar dari QR Code tanpa anda menggunakan shutter kamera anda.

QR Code pada siap PTK  Padamu Negeri

Kemajuan teknologi tak dapat dipungkiri, dan layanan publikpun saat ini sudah semakin canggih, bahkan smartphone pun dilengkapi dengan fasilitas QR Code. Kartu Identitas PTK yang dikeluarkan Padamu Negeri juga menggunakan QR Code untuk mencari link data kita secara otomatis pada  SIAP PTK melalui smartphone yang kita miliki.
Untuk membaca QR Code kartu NUPTK pada Android, diperlukan aplikasi QR Code Reader yang download pada play store terlebih dahulu. Jika Anda memiliki smartphone, Anda dapat menggunakan kode ini dengan cukup mudah. Yang harus Anda lakukan adalah :
  1. Download aplikasi pemindaian QR code Reader dari toko aplikasi perangkat Anda, 
  2. Buka aplikasi QR Code Reader yang secara otomatis akan masuk ke mode camera. Kemudian arahkan camera tersebut ke QRCode-nya
  3. QR Code Reader akan melakukan Scanning dan merubah QRCode tersebut menjadi sebuat link download dengan tampilan sebagai berikut


klik tombol oke, loading beberapa saat dan akan tampil gambar sbb :

Selamat mencoba, 

Baca Juga :
QR Code - Apakah Ini, Bagaimana Menggunakannya dan Beberapa Contoh Penggunaanya