Tips Presentasi Powerpoint dengan membagi 2 Layar monitor (Multi layer)

Tampilan pada Proyektor
Tampilan pada monitor

Ditengah persiapan menyambut kunjungan ± 70 kepala SD-se Kalimantan Timur, terbersit dalam ingatan saya saat salah satu pembicara pada KPDI-4 dihotel Mesra International Mrs. Tanya Torres  yaitu seorang pustakawan asing yang bekerja sebagai sukarelawan di YayasanLontar.yang menyampaikan materi dalam bahasa indonesia yang baku sedangkan beliau sendiri baru berada 1 tahun di Indonesia. selidik punya selidik ternyata saat menyampaikan materi tampilan slide dan layar monitor berbeda. 
Dari rasa keingintahuan itulah dengan dibantu IT Sekolah Bapak Dendy Nugroho, S.Kom dan Laptop Ustadzah susilawati yang dijadikan kelinci percobaan, kami mengutak-atik dan mencari tahu apa dan bagaimana teknik membagi slide dengan tampilan yang berbeda sehingga tersajilah tips-tips yang saya uraikan dibawah ini. Tujuannya agar bisa membantu teman-teman guru atau siapun yang membaca Postingan ini untuk membuat setingan multi layer, sehingga bisa mengatur yang tampil dilayar proyektor hanyalah slide presentasi saja sedangkan di layar monitor  bisa membuka windows explorer, pemutar musik, membuka aplikasi baru, dll tanpa harus mengganggu slide presentasi dan tentu saja tanpa diketahui/dilihat oleh para audiens. 
Tips Presentasi Powerpoint dengan membagi 2 Layar monitor (Multi layer). 
1. Pastikan anda telah menyambungkan laptop dengan proyektor, lalu Setting display monitor atau tekankombinasi tombol windows+P pada keyboard lalu pilih extend

Atau kilk kanan pada mouse, pilih graphic properties, pilih advanced mode lalu OK,
 
Kemudian pilih multiple display, pada operating mode pilih duble display, pada  Primary display pilih monitor dan pada Secondary pilih notebook kemudian tekan OK (Catatan : pada sebagian laptop spt notebook sony vaio, fasilitas ini tdk tersedia)


2. Setelah pilihan extend di pilih, layar proyektor sudah mulai berubah.
3. Buka file power point yang akan di presentasikan
4. pilih pada ribbon Slide Show, pilih monitor 2 pada drop-down Show Presentation On:, lalu beri tanda
    centang pada Use Presenter View.


Sekarang Proyektor hanya akan menampilkan slide presentasi saja. Contohnya seperti berikut :
 
dan pada layar monitor atau laptop tampilannya sebagai berikut


♥♥♥ Mudah bukan, selamat mencoba, Jika bermanfaat jangan lupa di share pada kawan yang lainnya ya... dan jangan lupa doanya agar acara kami bisa berjalan lancar dan sukses. Amin. ♥♥♥♥

Komentar