Kesempatan Itu Akhirnya datang juga...!

Link Berita Lainnya : Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara Tahun 2014

Tuliskan Apa Yang Kamu Inginkan, 
Kerjakan Apa yang sudah kamu tuliskan
Tulis Kembali apa yang kamu sudah kerjakan

Apa yang di ucapkan Bapak Dr. H.Sigit Wicaksono saat meresmikan pelaksanaan Konferensi Perpustakaan digital tadi pagi sama seperti apa yang pernah diucapkan oleh Ustadz Sukri Pawira, S.Ag

Berkat Impian, Ikhtiar dan Menulis kembali apa yang sudah dilakukan serta doa pastinya, akhirnya kesempatan itu datang juga padaku. Haru, Bangga, dan gugup itulah yang aku rasakan.
Menyiapkan slide presentasi aku lakukan 2 minggu sebelum hari H, Jelang H-6 aku mendapatkan email bahwa presentasi harus disertai Makalah untuk dibagikan peserta. Bingunglah aku dibuatnya. Alhamdulillah dalam waktu 2 hai akhirnya makalah itu jadi juga dan tepat tanggal 9 diahir Batas pengumpulan makalah, seluruh materi dapat saya emailkan ke Panitia Konferensi.

Hari yang di nanti datang juga, Bersama Kepala Bidang Informasi dan Pelayanan, Badan Perpustakaan Propinsi Sumatera Selatan, Bapak Drs. Ishak Juarsa, M.Si aku duduk di meja Narasumber dengan Pak Rian yang bertindak sebagai Moderator, persiapan yang aku lakukan dari malam hari, buyar seketika. aku dilanda demam panggung. AC diruang konferensi tak ku rasakan dinginnya. Terlebih Ibu Kepala Badan Perpustakaan Propinsi Kaltim turut menyaksikan presentasai Nara Sumber pada hari itu. Waktu berlalu sangat lambat dan hingga akhirnya presentasiku selesai juga. Huft... Alhamdulillah

Penyelanggaraan Konferensi diatas adalah untuk membangun kesadaran dan komitmen para pemangku kepentingan untuk mendukung pengembangan perpustakaan digital diwilayah Kaltim dan Kaltara pada khususnya. Pelaksanaan kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital  berlangsung selama 2 hari pada tanggal 13-14 Oktober 2014, bertempat di Ruang Pustaka Utama Lantai 2, Perpustakaan Propinsi Kaltim Jalan. Ir. H.Juanda No.4 Samarinda.

Penyelenggaraan Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara, tahun 2014, pelaksanaannya dibagi atas dua kegiatan yaitu :

1. Tanggal : 13 – 14 Oktober 2014    
    Jam : 08.00 – 15.30 Wita    
    Tempat : Ruang Pustaka Utama,  Badan Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur

2. Tanggal : 15 – 18 Oktober 2014  
   - Perpustakaan Nasional RI di Jakarta  
   - Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jawa Barat

Inginnya sih ikut serta dalam Orientasi Lapangan di Jakarta dan Bandung, karena disana masih akan banyak materi yang di dapatkan, bukan tour untuk bersenang-senang, apa mau dikata Pejabat Kepentingan belum mengijinkan, juga kali ini dengan alasan yang nyaris mirip, seperti tahun-tahun sebelumnya, ya.. sudahlah... Akan Indah pada waktunya.

Acara Konferensi diikuti oleh Pustakawan yang berada di wilayah Kalimantan Timur dan wilayah Kalimantan Utara, sebanyak  110 Peserta. dengan mengangkat tema "Perpustakaan Digital, Paradigma, Konsep dan Implementasi" Acara Konferensi di buka Oleh Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Bapak Dr.H. Sigit Mulyono,  Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan kebudayaan yang juga merupakan koordinator panitia seleksi anggota Dewan Pendidikan Kaltim.

Tujuan Pelaksanaan Konferensi "Melalui konferensi Perpustakaan Digital Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2014 ini diharapkan akan semakin terbangun kesadaran para pengelola perpustakaan akan pentingnya mewujudkan layanan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi di Kaltim".

Materi Konferensi disampaikan oleh :
  1. Kepala Badan Perpustakaan Propinsi Kaltim, Ibu Dra. Hj. Sri Sulasmi Retno W., M.Si, dengan judul materi "Strategi pengembangan perpustakaan digital di Kaltim dan Kesiapa Pelaksanaan Program Center Of Excellent Budaya Lokal Kalimantan 
  2. Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pusaka dan Jasa Informasi yang diwakili oleh Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional ibu Dra. Sri Sumekar, M.Si dengan Judul materi "Kebijakan Nasional Pegembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesi Dalam Rangka Peningkatan Kemudahan Akses Informasi Masyarakat" 
  3. Kepala Bidang Informasi dan Otomasi, Perpustakaan Propinsi Kalimantan Timur, Bapak Taufik, S.Sos, M.Si, dengan judul materi "Format Pengembangan Jaringan Kerjasama Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara"
  4. Kepala Bidang Informasi dan Pelayanan, Badan Perpustakaan Propinsi Sumatera Selatan, Bapak Drs. Ishak Juarsa, M.Si, dengan judul materi "Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan Sumatera Selatan".
  5. Pengembang Aplikasi Perpustakaan Open Source Senayan (SLiMS), Bapak Hendro Wicaksono, S.Ip, dengan judul Materi "SLiMS 7 Untuk Perpustakaan"
  6. Kepala Unit Perpustakaan Bunga Bangsa, Rachmawati, A.Md, dengan judul materi "Membangun Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi"
  7. Marketing Manager  PT. Jasaraya Tama Jaya Buana, Bapak Dwi Janto Suandaru, SE, dengan Judul Materi " E-Resources untuk Mendukung Pengembangan Koleksi Perpustakaan Berbasis Digital.
Foto Bersama (dari kiri) Rachmawatii, Dr. H.Sigit Wicaksono, 
 Dra.Hj.Sri  Hj. Sri Sulasmi Retno W., M.Si, 
dan Dra. Sri Sumekar, M.Si
Apresiasi yang tinggi diberikan kepada Badan Perpustakaan Propinsi Kalimantran Timur Semoga Kegiatan Konferensi ini bermanfaat bagi peserta Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara Tahun 2014, untuk pengembagan Perpustakaan berbasis Teknologi Informasi seperti yang diharapkan Panitia pelaksana Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara tahun 2014. Jangan sampai Salah Paradigma" Pesan  Bapak Sigit Wicaksono saat membuka acara Konferensi yang digelar.

Pada kesempatan Konferensi Kali ini, Saya sebagai Pustakawan Bunga Bangsa Mendapat kesempatan untuk Berbagi Pengalaman mengenai Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dengan makalah dan Presentasi Sebagai Berikut.

Bangga dan haru tentunya, saat mendapat jamuan makan diruag Khusus Narasumber, Ibu Sri Sulasmi menyampaikan Siapapun itu walau dia berada ditingkat pendidikan level rendah, kalau dia mampu menunjukkan prestasinya, Badan Perpustakaan akan memberi kesempatan untuk pengembangan dirinya. Terima Kasih ibu, saya jadi ingat dengan nasehat Ustadz Sukri beberapa tahun silam yang selalu memotifasi saya di tengah kurangnya dukungan dari pejabat kepentingan kepadaku :

Pekerjaan Adalah Sawah Garapan Kita
Rawatlah dan Pupukilah agar memberi hasil yang maksimal
Siapa yang menanam jagung, akan menuai jagung.
Yang menanam padi, itu pula yang yang akan didapatnya.
Menanamlah selagi dapat dan ingat jangan ditebari dengan hama di ladangmu. 
Niatkan seluruh aktivitas hanya untuk Allah semata.

Tetaplah tersenyum karena masih banyak karunia yg ada padamu.
Tetaplah melangkah karena engkau masih kuat berpijak.
Tetaplah berkarya karena engkau masih punya ruang ruang kebaikan.
Tetaplah bersyukur karena engkau masih punya kehidupan.
Tetaplah berharap karena engkau masih punya Allah.

Allah tahu lelahnya ragamu hari ini
Dia juga tahu berkurangnya jatah santai yang bisa kau nikmati
Allah Maha Tahu, karenanya, tersenyumlah.......
Karena senyummu akan dibalas-Nya dengan rangkaian berkah tiada tara......

Apapun profesi kita, cintailah profesi tersebut dengan sepenuh hati. 
Jika kita cinta penuh pada profesi yang sedang ditekuni, maka profesi tersebut juga akan mencintai kita dengan memberi imbalan yang maksimal. 
Jangan setengah-setengah dalam menjalani profesi. 
Tidak ada kesuksesan dalam hidup, yang tidak ditempuh dengan kerja keras. 
Tidak ada orang yang berhasil dalam hidup, jika hanya berpangku tangan. 
Semua kesuksesan pasti diawali dengan kerja keras dan kerja cerdas

Materi-Materi Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim dan Kaltara Tahun 2014 lainnya Dapat di Download  Disini



Presentasi Untuk KPDK Kaltim Dan Kaltara 13-14 September 2014