GPMB Go To Lempake (SDN 008 Joyo Mulyo, Lempake)


Photo By : Ryan, Yenni, dewi, Dwi dan Fatmawati

GPMB Goes to Desa Joyo Mulyo, mengapa saya mengusulkan agar GPMB datang ke Sekolah ini, karena Sekolah ini terletak dilingkungan RT tempatku berdomisili. Saya ingin agar anak-anak dilingkungan kami minat bacanya tinggi. suatu saat jika masih diberi umur panjang dan kesehatan, saya pengennya dirumah bisa dijadikan Taman Bacaan Masyarakat. Gak harus gede ruangannya, biar kecil tapi ada fasilitas membaca buat anak-anak dilingkungan tempat tinggalku. 

yuk disimak berita serunya GMPB dann Mobil Perpustakaan Keliling berkunjung di Desa Joyo Mulyo Hari ini.
Tujuan Tim GPMB kali ini adalah mengunjungi sebuah Sekolah Dasar yaitu SDN 008, didesa Joyo Mulyo Lempake, sebuah desa yang terleyak di Jalan Joyo Mulyo, perjalanan arah menuju Bendungan Benanga Samarinda. Respon positif yang kami dapatkan dari Kepala Sekolah SDN 008 Joyo Mulyo Bapak Suraji yang menyambut baik adanya kegiatan Gerakan Pemasayarakatan Minat Baca ke desa-desa bersama Mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur. Harapan Beliau kegiata ini dapat diagendakan menjadi kegiatan rutin sebulan sekali karena melihat antusias anak-anak yang sangat luar biasa.

Saat mobil Perpustakaan Keliling tiba di lokasi, anak-anak sangat senang dan langsung mengelilingi mobil, tak sabar untuk membaca buku yang tersedia. Sebagian anak ingin meminjam buku untuk dibawa pulang. Melalui Perpustakaan Keliling ini di harapkan minat bacaanak-anak dan masyarakat dipedesaan pun meningkat. Menagajak anak-anak untuk menggali informasi berbagai ilmu pengetahuan via bahan pustaka. 

Diharapkan kedepannya koleksi Pusling yang dibawa saat berkunjung ke suatu tempat dapat menyesuaiakan kondisi masyarakata sekitar yang akan dikunjungi. Juga Koleksi untuk para orang tua dan anak-anak lebih diutamakan.
Puas membaca buku, petugas Mobil Perpustakaan Keliling kemudian memutarkan Film anak-anak. dan mereka kembali serius menyimak film yang diputarkan

Bagi Ibu-ibu yang mengatarkan anaknya dan guru yang hadir dilokasi kegiatan GPMB, diberi Seminar Parenting oleh Ibu Endang Sri Rumiyati, diruang kelas, agar para orang tua lebih bijak memahami pola didik dan asuh anak dirumah maupun disekolah. tidak serta merta memihak anak dan menyalahkan guru ketika menerima laporan kejadian disekolah, dan tidak serta merta meghakimi anak ketika melakukan sebuah kesalahan.

Waktu terus berjalan, sedianya Tim GPMB akan menyuguhkan Dongeng untuk anak-anak, karena waktu yang tidak memungkinkan maka kegiatan dilanjutkan dengan mengajak anak-anak bermain permainan edukasi yang dipimpin oleh Bunda Fitri dan dibantu oleh Bu Yeni, Bu Dewi, Bu Rachma, Pak Ryan dan Pak Udin. Permainanya melatih Konsentrasi anak dan melatih kekompakan tim, dan bagi tim yang menang, mendapatkan hadiah buku cerita yang disponsori oleh Erlangga Pustaka. Semoga kedepannya Erlangga Pustaka Wilayah Kalimantan Timur, dapat terus berpartisipasi memeriahkan kegiatan yang kami lakukan dalam mencapai tujuan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Provinsi Kalimantan Timur ini. (Rachmawati)