Wisata Belajar Kelas Anakku ke D'Kukar Zona Tenggarong Seberang

Menenaminya mengendarai Mobil Polisi
Selasa, 15 Desember 2015, Siswa(i) SD Islam Bunga Bangsa Kelas 3 dan 4 mengadakan Wisata Belajar ke D'Kukar Zona yang berlokasi di Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang. D'Kukar Zona merupakan sebuah wahanan wisata Permainan berbasis Edukasi dengan konsep pekerjaan yang disajikan menyerupai aslinya, dan disulap menjadi permainan anak. yang bertujuan untuk membangun kreativitas anak. Wahana permainan ini menyerupai miniatur kota kecil, yang di dalamnya terdapat berbagai konsep pekerjaan yang biasa ditemui sehari-hari.

Sebanyak 4 Bus Wisata mengantarkan Siswa(i) dan Guru Pendamping menuju d'Kukar Zona tak ketinggalan Iring-iringan mobil wali siswa yang turut mengantar putra-putrinya menggunakan mobil pribadi. Kegiatan Wisata Belajar ini di Ketuai Oleh Ibu Novi Handayani, S.Kom. Berangkat dari sekolah dengan upacara pelepasan oleh Bapak H. Supriyadi, SE, dilanjutkan doa bersama yang di pandu oleh Ustadz Mishab, siswa(i) berangkat pada pukul 07.30 dan tiba di lokasi jam 8.30 Wita. Kegiatan Wisata Belajar ini berlangsung hingga Pukul 13.30 Wita.
d’Kukar Zona ini merupakan satu-satunya permainan edukasi di Kalimantan Timur, yang mengajak anak menghargai pekerjaan orang-orang di sekitarnya. Anak-anak pun melakukan simulasi untuk bekerja secara profesional sesuai keinginan atau bakat mereka. Sementara itu, orangtua dan guru yang mendampingi siswa(i) dapat sekaligus menilai secara langsung bakat yang melekat pada mereka.

d’Kukar Zona menyuguhkan 24 wahana, yang memainkan 50 profesi. Di antara wahana yang ada antara lain miniatur kantor bupati, kantor polisi, kantor militer, pemadam kebakaran, bahkan miniatur kantor BPD Kaltim. Selain itu, ada dialer mobil, Panggung Seni, servis kendaraan, salon kecantikan, balap F1, sekolah sulap, sekolah menggambar, sekolah musik, dan lainnya dengan harga tiket Rp 120 ribu per lembar.

Permainan ini pun dijamin aman bagi para bocah. Itu karena saat bermain, anak-anak dipandu pegawai yang sudah dilatih pihak profesional. Seperti wahana militer. Di sini, petugas dari Polri, Kedokteran, Kelas Memasak, Kelas Painting dan Stand Kutai Kartanegara, berikutnya di wahana BPD Kaltim, sejumlah karyawan berseragam BPD terlatih juga turut memberikan pelayanan perbankan. Jadi, permainan ini benar-benar aman saat digunakan. Tujuan Wisata Belajar ini agar anak-anak memahami dunia pekerjaan atau profesi orang dewasa, sehingga diharapkan siswa nantinya memiliki gambaran akan menjadi apa diri mereka kelak. Ucap Bapak Nu'man Abdullah.

Add caption
Arena Dunia Kerja yang dikunjungi putraku adalah BPD Kaltim, Rumah Sakit Mini, Klas Musik, Klas Mewarnai, Polisi dan PMK. lucunya saat jam makan tiba wajah anakku pucat ternyata kupon untuk mengambil makanan jatuh dari pegangannya saat mencoba arena satu persatu. rasa khawatir menyelimuti wajahnya. akupun mendampinginya untuk mendatangi ibu Novi Handayani selaku Penanggung Jawab Kegiatan dan menanyakan solusi permasalahan yang dihadapi anakku. ternyata bukan hanya akku yang kehilangan kupon makanan ada dua anak juga yang kehilangan kupon makannya.