Cari Postingan

Terjemahkan Blog dengan klik bendera yang ada dibawah ini :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jangan Membawa Masalah Berlarut-larut

Menjalani hubungan pertemanan Persahabatan tidak selalu mulus. Hubungan pertemanan pasti pernah memiliki masalah, yang berujung pada selisih paham.


Tidak ada yang salah dari bertengkar dengan teman, justru bisa menguatkan hubungan pertemanan. Asal dilakukannya secara sehat. Akan tetapi banyak Hubungan pertemanan yang kurang bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan membawa masalah jadi berlarut-larut. Inilah cara bertengkar sehat dengan sahabat, seperti dirangkum eHow.



1. Mendengarkan
Dengarkan pendapat sahabat, meskipun Anda merasa bahwa apa yang diutarakan olehnya tidak masuk akal. Mungkin akan sulit bagi Anda untuk terus mendengarkan terutama jika anda merasa tidak setuju dengan pendapatnya, tetapi bersikaplah seperti Anda mengerti dan buat teman merasa didengar. Dengan begitu ia akan terus berbicara mengungkapkan pendapatnya, sehingga komunikasi antara Anda berdua terus berjalan.



2. Berpikir Positif
Tetaplah fokus pada sisi baik yang dimiliki sahabat, dan semakin Anda menghargai orang lain maka akan membuat pikiran anda semakin terbuka. Lagi pula berpikir positif membuat masalah lebih cepat selesai.



3. Kendalikan Emosi
Tetaplah tenang dan berpikir rasional ketika berargumen. Hindari kata-kata "Kamu selalu..." atau "Kamu tidak pernah...". Lebih baik ungkapkan apa yang Anda rasakan dan sampaikan apa yang Anda harapkan, Jangan terus saling menyalahkan atas apa yang terjadi.



4. Jangan Mendebatkan Semua Hal

Tidak perlu mempertengkarkan segala hal. Pilih isu yang benar-benar penting untuk beradu argumen. Bila semua masalah dipertengkarkan, hanya akan membuang waktu dan tenaga Anda.



5. Berjiwa Besar Mengakui Kesalahan
Hampir semua orang tidak suka bila diberi tahu mengenai kesalahannya, tetapi hal seperti itu penting dalam penyelesaian masalah. Daripada terus-terusan menyalahkan teman, cobalah mengakui kesalahan yang Anda perbuat. Dengan bertanggung jawab atas kesalahan Anda, masalah akan lebih cepat teratasi. Anda tidak dapat mengatur sikap orang lain, tetapi setidaknya Anda dapat mengontrol reaksi terhadap sikap orang lain.



6. Inisiatif Menyelesaikan Masalah
Jangan terus menerus berpangku tangan menunggu teman berinisiatif menyelesaikan masalah. Anda juga dapat lebih dulu berinisiatif untuk menyelesaikan masalah. Pikirkan hal apa yang dapat Anda perbuat untuk memperbaiki hubungan pertemanan. Karena hal sekecil apapun dapat membantu hubungan pertemanan bertahan lama.