Catatan Ramadhan 2015 (1436 H)

Akhir ramadhan....
Alhamdulillah kami sekeluarga menjalaninya tanpa hambatan satu apapun. si adek puasanya full walau dihari pertama puasa di sempat meminta agar diijinkan sehari puasa penuh sehari puasa beduk, dikarenakan karena pada puasa pertama kami mengijinkan dia untuk tidur sepuasnya. dan pada akhirnya di merasa lemas dan pusing karena kelamaan tidur. dan dengan sabar kamipun menjelaskan padanya bahwa penyebab rasa pusing dan lemas adalah tidur yang berlebihan.

"Puasa bukan berarti segala kegiatan dihentikan dan jam tidur harus lebih banyak. Puasa hanya merubah pola makan lain dari seperti biasanya, dan jumlah makan bukan 3 kali melainkan hanya dua kali. sehingga tak ada alasan bagi kita untuk memberhentikan semua kegiatan yang biasa kita lakukan",  Jelas kami bergantian kepada si kecil.

"Berarti ade besok bisa main sepeda, memancing dan main layangan yah", Ucapnya

"Iya, adek bisa melakukan apa saja seperti biasanya, hanya saja adek tetap harus mengingat bahwasanya adek sedang berpuasa jadi tidak melakukan aktifitas juga secara berlebihan karena nanti yang muncul adalah rasa haus, sebab mengeluarkan keringat yang banyak", Ucap Ayah

Khofid pun mengangguk tanda mengerti.

Alhamdulillah ramadhan pun berhasil Khofid lalui tanpa hambatan satupun sehigga puasanya full di walau  masih duduk dibangku kelas 4 SD. Puasa kali ini Khofid sudah memahami, bahwa puasa adalah kewajiban, dan tidak mengharapkan hadiah apapun dari ayah dan ibu lagi karena dia sudah mendapatkan Pahala yang besar untuk tabungannya di AKhirat nanti yang tidak bisa digantikan dengan harta apapun juga.

Disela perbincangan buka puasa kami senja ini, anak-anak request minta dimasakkan Kare Ayam, Mie Goreng dan Sambel Goreng Kentang untuk menu Lebaran. sedangkan Ketupat dan Buras kami mendapat kiriman dari Adikku yang sangat rajin mengolah Makanan Khas lebaran ini yang bagiku sangat njelimet membuatnya tapi enak di makan.

Yah puasa terakhir malam ini serasa nikmat dengan kedekatan yang terjalin....